Makna pancasila sebagai dasar negara

Diposting oleh Chaerul Anwar pada 03:30, 05-Jul-12 • Di: Dasar-dasar Politik

Makna pancasila sebagai dasar negara

            Indonesia memiliki dasar negara yang sangat kuat sebagai filosofi bangsa, dimana Indonesia memiliki pancasila sebagai dasar negara. Pengertian pancasila sebagai dasar negara diperoleh dari alinea keempat pembukaan UUD 1945 dan sebagaimana tertuang dalam Momerandum DPR-GR 9 juni 1966 yang menandaskan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang telah di murnikan dan di padatkan oleh PPKI atas nama rakyat indonesia menjadi dasar negara Republik Indonesia. Memorandum DPR-GR disahkan pula oleh MPRS dengan ketetapan No.XX/MPRS/1966. Ketetapan MPR No.V/MPR/1973 dan ketetapan MPR No.IX/MPR/1978 yang menegaskan kedudukan pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber dari tertip hukum di Indonesia.

Pancasila memiliki sifat dasar yang pertama dan utama yakni sebagai dasar negara (philosophische grondslaag) Republik Indonesia. Pancasila yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 tersebut ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 agustus 1945 oleh PPKI yang dapat dianggap sebagai penjelmaan kehendak seluruh rakyat Indonesia yang merdeka.

Pancasila merupakan intelligent choice kerena mengetasi keanekaragaman dalam masyarakat indonesia dengan tetap toleran terhadap adanya perbedaan. Penetapan pancasila sebagai dasar negara tak hendak menghapuskan perbedaan ( indifferentism ), tetapi merangkum semuanya dalam satu semboyan empiris khas Indonesia yang dinyatakan dalam seloka “bhineka tunggal ika”.

Penetapan pancasila sebagai dasar negara itu memberikan pengertian bahwa negara Indonesia adalah negara pancasila. Hal tu mengandung arti bahwa harus tunduk kepadanya, membela dan melaksanakan dalam seluruh perundang-undangan. Mengenai hal itu, pandangan tersebut melukiskan pancasila secara integral (utuh dan menyeluruh) sehingga merupakan penopang yang kokoh terhadap negara yang didirikan di atasnya, dipertahankan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melndungi dan mengembangkan martabat dan hak-hak azasi semua warga bangsa Indonesia. Perlndungan dan pengembangan martabat kemanusiaan itu merupakan kewajiban negara, yakni dengan memandang manusia qua talis, manusia adalah manusia sesuai dengan principium identatis-nya.

Pancasila seperti yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 dan ditegaskan keseragaman sistematkanya melalui Intruksi Presiden No. 12 Tahun 1968 itu tersusun secara hirarkis-piramidal. “Setiap sila (dasar/azaz) memiliki hubungan yang salng mengikat dan menjiwai satu sama lain sedemikian rupa hingga tidak dapat dipisah-pisahkan. Melanggar satu sila dan mencari pembenaran pada sila lainnya adalah tindakan yang sia-sia” . oleh karena itu, pancasila pun harus dipandang sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh, yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Usaha memisah-misahkan sila-sila dalam kesatuan yang utuh dari pancasila akan menyebabkan Pancasila kehilangan eksistensinya sebaga dasar negara.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

13 tanggapan untuk "Makna pancasila sebagai dasar negara"

Roiko trick pada 03:52, 05-Jul-12

Ini bru ank bangsa !!!
Hehe biggrin



Mmpir yuk ↓↓
http://roiko.heck.in

Eddy Mahendra pada 03:53, 05-Jul-12

Tingkatkan Rasa Nasionalismemu biggrin

Rakhmad Banar Sasana pada 04:44, 05-Jul-12

josh gan , mampir ke gubuk ane ya

Dedi Styawan pada 10:15, 05-Jul-12

izin copas y sob??biggrin

Zazat curink pada 20:51, 05-Jul-12

Hadir. S0b.
s0ry lw gk nymbung!

Ane cuma mu nwarin kopi nh! biggrin

thanks lol

dan jngan lupa kunbal, ane tnggu

Chaerul Anwar pada 08:57, 06-Jul-12

@Eddy Mahendra,
ya klo bukn kita sipalgi_

Chaerul Anwar pada 08:58, 06-Jul-12

@Rakhmad Banar Sasana,
insa allah_

Chaerul Anwar pada 08:58, 06-Jul-12

mksi gan dh brkunjung_

feronika sedes chiunyu pada 03:46, 27-Agu-13

anak bangsa anak yg budiman

Chaerul Anwar pada 15:44, 18-Nov-13

@Rio,
wuakakakakak_

Chaerul Anwar pada 01:06, 16-Des-13

@Rio,
nyantai brad, yg pnting hepy hemmm, di angkt dlu gelas+234'ya_

Chaerul Anwar pada 16:10, 05-Jan-14

@Zazat curink,
di angkt dlu gelasnya gan_

Chaerul Anwar pada 16:10, 05-Jan-14

@Dedi Styawan,
sheep gan_

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar